Maafkan Aku yang dulu..

Maafkan Aku yang dulu..
Maafkan Aku yang dulu..

Maafkan Aku yang Dulu.. - Halo gaes ! kalimat "Maafkan Aku yang Dulu.." mungkin sering kalian dengar 4 - 6 bulan yang lalu ya ? iya.. yang disertai foto jaman dulu terus ditampilin yang sekarang. Entah karena buat lucu-lucuan aja atau memang pengen bales dendam ke mantan ! #eh

Tapi tenang, tulisanku ini bukan mau bahas dan bandingin foto-fotoku dulu sama yang sekarang kok.. kalau "Maafkan Aku yang Dulu.. " ini bahas soal platform atau sistem operasi yang penulis gunakan dulu sama sekarang.

Maafin Aku..

Dulu, penulis menggukan sistem operasi windo*s buatan microso*t dan sekarang udah move on ke Linux Ubuntu, Alhamdulillah. Bukannya apa2, windows sistem operasi yang bagus, cuma harganya mahal.... Maafin aku, dulu sering banget bajakin windo*s dengan alasan buat belajar. Dan dulu.. selalu bajak hampir semua software aplikasi yang penulis di windo*s, mulai dari photo*hop, A*G Pro, P*S dan masih banyak lainya.. penulis mohon maaf.

Mengenal Linux

Sebenernya, dari jaman penulis masih SMK kelas 1 pun sudah mengenal linux, cuma waktu itu belum ada pikiran untuk migrasi ke linux. Karena hampir semua aplikasi yang penulis gunain dulu adanya di windo*s. Cuma karena efek animasi di linux keren - keren (Compiz) jadi penulis dualboot, kalau ndk salah dulu penulis pakai ubuntu 10.04 yang tampilaya masih pakai Gnome Classic.

Tau Susahnya bikin Aplikasi

Ketika penulis memasuki masa kuliah dan jurusan IT. Hampir tiap hari perkuliahan bahasnya juga mengenai IT, entah itu bahasa pemrograman, konsep pemrograman, metode pengembangan sistem dan lain sebagai. Intinya, dari semua mata kuliah itu menyimpulkan kalau bikin software yang bener itu gak GAMPANG !

Dari situlah, penulis mulai sadar kembali mengenai software legal dan ilegal dan ngerasa bersalah juga karena selama ini selalu memakai software ilegal. Nah setelah itu ikut DOSCOM (Dinus Open Source Community). Disitu penulis banyak belajar mengenai open source dan konsep berbagi. Karena lingkungan didoscom orang2nya pakai software open source, penulis kembali mencoba migrasi ke linux lagi.

Terkendala Microso*t O*fice dan Photo*hop

Selama dikomunitas Doscom, penulis selalu menggunakan linux, tapi ya masih dual boot. Karane permasalahan klasik, belum bisa move on dari ado*e photoshop dan microso*t O*fice selain itu, ditempat kerja penulis waktu itu memang menuntuk hal tersebut dan akhirnya kembali lagi ke wind*ws dan bajak lagi.

Tahun Baru, Niat Baru dan semangat baru !

disenggang waktu 2014 sampai 2016 proses migrasi yang dilakukan penulis gagal lagi dan gagalnya pun sebenernya karena kurangnya keseriusan dari penulis sendiri. Nah waktu itu, ditahun awal 2017 hampir semua pekerjaan penulis menggunakan Git. bagi kalian yang belum tau, Git merupakan tools version control untuk software yang kalian bangun. gampangya sih, dengan git, kode program yang kalian tulis selalu disimpan di log dan sewaktu - waktu bisa kalian kembalikan lagi. Untuk lebih jelasnya soal git nanti tak bahas dilain waktu ya.



Libre Office 5.3 yang penulis pakai buat bikin laporan kerja praktek
Libre Office 5.3 yang penulis pakai buat bikin laporan kerja praktek

Inkscape yang penulis gunakan untuk desain vektor
Inkscape yang penulis gunakan untuk desain vektor


Oke back to the topic, karena pakai git di windo*s agak gimana gitu dan kurang nyaman, akhirnya penulis kembali lagi ke linux untuk kerjaan maupun kebutuhan sehari - hari. Dan jika dahulu gagal move on karena microsoft office dan photoshop, sekarang penulis udah bener - bener ninggalin itu semua dan beralih ke libre office dan inkscape + gimp. Dan dari januari sampai tulisan ini dibuat, penulis selalu menggunakan linux untuk keperluan sehari - hari maupun untuk bekerja. Ternyata lebih asyik, lebih aman dan lebih nyaman pakai yang legal lho..Tunggu apa lagi ? ayo migrasi ke software legal dan open source dan jangan lupa.. minta maaf ya :D

Hai, Nama saya Indra. Saya adalah Seorang Mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro Semarang. Saya menyukai Web Development baik Front-end ataupun Back-end. Saya juga aktif dikomunitas IT Dian Nuswantoro Computer Club (DNCC) dan FLS (Future Leader Summit). Salam Kenal !

0 komentar: